BREAKING NEWS

Thursday, February 3, 2022

Cara Memilih Saham yang Tepat agar Tidak Merugi

 

Saham Tesla

Tidak ada yang salah dengan keinginan untuk menjadi kaya raya lewat investasi saham hingga membuat Anda mencari tahu harga saham Tesla. Sebab, instrumen investasi satu ini memang menawarkan return atau imbal balik yang tinggi. Yang keliru adalah ketika Anda ‘terjun’ ke pasar saham tanpa bekal ilmu apa-apa. Untuk itu, memahami tips dan cara memilih saham yang tepat menjadi penting.

Simak ulasannya dalam artikel ini supaya Anda dapat meminimalkan risiko kerugian, ya.

Cara Memilih Saham yang Tepat

1. Kenali Perusahaan beserta Kinerjanya

Sebelum membeli saham sebuah perusahaan, pastikan Anda sudah mengenali perusahaannya terlebih dahulu. Beberapa hal yang harus Anda tahu adalah apa jasa/barang yang ditawarkan/diproduksi perusahaan, siapa saja pemilik perusahaan, bagaimana laporan keuangannya (rentang 1-3 tahun terakhir), juga berapa aset dan utang perusahaan. Anda bisa juga mencari tahu berapa kali dividen (keuntungan perusahaan) yang dibagikan dalam kurun satu tahun sebagai pertimbangan tambahan.

2. Perhatikan Gerak Harga Saham

Harga saham suatu perusahaan akan selalu berubah-ubah, bisa dalam hitungan jam atau malah detik. Hal ini dapat terjadi lantaran permintaan dan penawaran dari investor di pasar saham akan selalu berubah setiap waktu. Oleh sebab itu, Anda perlu memerhatikan grafik gerak saham terlebih dahulu sebelum membeli lot saham tersebut.

3. Amati Perubahan Volume Perdagangan

Di tiap laman emiten saham aplikasi investasi, selalu ada informasi tentang pergerakan harga saham juga volume perdagangan saham secara real-time. Nah, Anda perlu mengamati volume perdagangan saham perusahaan Anda terlebih dahulu sebelum membelinya. 

Apabila volume perdagangan mendadak tinggi, Anda perlu mencari berita terbaru mengenai perusahaan tersebut. Kalau tidak ada, Anda perlu waspada. Sebab, volume perdagangan yang mendadak tinggi ini mungkin sekali disebabkan oleh ‘permainan’ para bandar saham, yang nantinya akan menjual lot saham mereka secara bersama-sama. Akibatnya, harga saham itu akan anjlok.

4. Pilih Perusahaan yang Anda Kenal

Satu tips memilih saham yang tepat dari pakar keuangan adalah memilih perusahaan yang Anda kenal, baik nama hingga produk/jasa yang diproduksi. Dengan begitu, Anda bisa membuat keputusan untuk membeli, menyimpan, atau menjual saham sesuai informasi terkini perusahaan yang Anda tahu itu.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli saham dari produsen barang atau jasa yang Anda gunakan sehari-hari, lho. Sebab ketika Anda membeli dan menggunakan produk/jasa perusahaan tersebut, perusahaan itu akan mendapat untung—yang tentunya akan kembali pada Anda dalam bentuk dividen.

5. Lakukan Analisis

Tips memilih saham yang terakhir sekaligus terpenting adalah melakukan analisis perusahaan. Setidaknya, Anda bisa melakukan dua analisis, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. 

Analisis teknikal mengacu pada pendekatan saham dalam rentang waktu tertentu, sedangkan analisis fundamental mengacu pendekatan kondisi politik, ekonomi, maupun tren usaha. 

Sudah Mengerti Cara Memilih Saham yang Tepat?

Itulah beberapa cara memilih saham agar Anda tidak mengalami kerugian dalam berinvestasi. Semoga informasi di atas bermanfaat!


Share this:

2 comments :

  1. I went over this internet site and I think you have a lot of great info , saved to favorites.

    먹튀검증
    경마사이트
    카지노사이트
    메이저사이트

    ReplyDelete
  2. But wanna comment on few general things, The website pattern is perfect, the content material is really fantastic

    메이저사이트
    경마 바카라사이트
    토토사이트

    ReplyDelete

 
Copyright © 2016 Avalwebsite.com. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates